Koneksi antar materi modul 1.2 cgp
Koneksi antar materi modul 1.2
1. PERISTIWA
Momen yang penting dan mencerahkan bagi
saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah tentang
Filosofi Ki Hajar Dewantara tentang Trilogi Pendidikan yaitu Ing ngarso Sung
Tulodho , Ing Madyo mangun karso dan Tut wuri Handayani . dan saya tertarik
juga dengan definisi Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, yakni : Pendidikan
adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat
mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai
manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Setiap anak mempunyai kodrat alam
dan kodrat zaman. Selain yang lain yang tidak kalah pentingnya pemikiran Ki
Hadjar Dewantara tentang Pendidikan ini. Filosofi ini sangat terkait dengan
kegiatan saya sebagai guru kelas 3 SD, yang harus bisa memandang setiap anak
mempunyai kodrat alam yang berbeda sehingga menimbulkan perilaku, sifat, sikap
dan motivasi yang berbeda berdasarkan lingkungan keluarga dan lingkungan
masyarakat di mana murid berada. Sehingga saya harus bisa memilah informasi
yang masuk terkait dengan kondisi murid dan membedakan perlakuan yang harus
diberikan, sehingga murid tersebut bisa lebih baik. Tuntunan sebaik apapun,
jika tidak didukung oleh kodrat alam yang baik, maka murid akan sulit untuk
mengubah perilakunya, atau hanya sedikit mengalami perubahan. Selain itu
terkait dengan kodrat alam, murid pasti mempunyai potensi yang pantas
ditampilkan/dikeluarkan. Oleh karena itu saya harus menciptakan ide atau
gagasan untuk menyenangkan anak selama pembelajaran dan harus bisa menumbuhkan
karakter yang baik untuk anak-anak didik saya.
Kemudian ketika mempelajari modul 1.2
tentang nilai dan guru penggerak, di sini saya menemukan tambahan wawasan lagi.
Masih di ranah sebagai guru kelas 3 SD, bahwa nilai dan peran guru penggerak
salah satunya adalah berpihak pada anak. Sehingga ketika saya melakukan
pembelajaran maka saya berusaha untuk menampilkan perubahan dengan media
pembelajaran yang menarik yang berupa video pembelajaran dan pembelajaran bisa
dilakukan didalam maupun diluar kelas yang membuat anak nyaman. Disini anak
harus diskusi menemukan informasi kemudian mempresentasikan hasil diskusi
sesuai dengan pendapat mereka masing-masing.
Keterkaitan antara modul 1.1 dan 1.2, yang
saya fahami adalah harus berfokus pada murid dan berusaha menggali
potensi-potensi murid yang masih terpendam seperti teori gunung es. Dalam
bergerak sebagai guru penggerak maka harus memahami filosofi Pendidikan Ki
Hadjar Dewantara, seperti tujuan pendidikan (memerdekakan manusia, menjadikan
manusia selamat dan Bahagia), filosofi Trikon (Kontinu, konvergensi,
konsentris) , Filosofi Triloka (Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso,
Tut Wuri handayani), tahap tumbuh kembang anak wiraga dan wirama.
2. PERASAAN.
Ketika mempelajari modul ini saya mendapatkan
suatu pengetahuan yang baru dan luar biasa. Kalau selama ini pemahaman
saya tentang filosofi Pendidikan KHD hanya sedikit saja tetapi sekarang saya
bisa lebih memahami dan bisa menerapkannya. Saat momen itu terjadi saya merasa
senang bagaikan seorang guru yang sangat bangga dengan perubahan yang ada. Dan
ketika mempelajari 2 modul ini saya mendapatkan informasi yang sangat penting
sekali dalam hubungan saya dengan murid-murid dan saya dapat menerapkan
nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak.
3. PEMBELAJARAN
Sebelumnya saya hanya mempunyai pikiran,
bahwa murid-murid seperti gelas kosong yang harus diisi penuh yang berasal dari
saya sebagai pendidik, serta perlakuan terhadap semua murid hampir sama
walaupun ada perbedaan perlakuan tetapi itu tidak mendasar selain itu emosi
saya juga naik turun dalam menghadapi murid. Tetapi setelah mempelajari
filosofi Pendidikan KHD dan Nilai serta peran guru Penggerak, saya lebih
memahami bahwa murid-murid sudah terisi wadahnya bahkan mungkin sudah hampir penuh.
Tugas saya sebagai pendidik sekarang menuntun dan membimbing sehingga yang
sudah ada semakin bagus dan bertambah penuh (mempertebal garis yang sebenarnya
sudah ada). Serta bertugas menggali potensi yang masih terpendam yang sesuai
karakter murid untuk segera dimunculkan dan dikembangkan.
4. RENCANA KE DEPAN
Pengembangan diri saya yang sederhana,
konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu
menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak adalah sebagai berikut
:
a. Dalam rangka mengembangkan diri, maka saya akan mengikuti seminar
atau diklat yang akan menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi saya
sebagai pendidik dalam hal ini sebagai Guru kelas 3 SD khususnya, dan sebagai
Guru pada umumnya secara mandiri.
b. Menerapkan budi pekerti peserta didik
dengan menerapkan budaya 5S yaitu senyum,sapa,salam,sopan dan santun.
c. Menerapkan pembelajaran yang berpihak
pada murid dan menyenangkan dengan diskusi, presentasi serta menggunakan media
pembelajaran yang menarik.
d. Menerapkan pembelajaran di dalam dan
luar ruangan yang membuat murid nyaman.
e.
Berkolaborasi dengan guru sejawat dalam rangka merencanakan pembelajaran
yang menyenangkan serta dalam kegiatan sekolah lainnya.
f. Berkolaborasi dengan guru kelas lain dalam
kegiatan apapun demi kemajuan sekolah.
g. Berkolaborasi dengan warga sekolah yang
lain demi kemajuan pendidikan di sekolah.
h. Berkreasi dan berinovasi dalam membuat
media pembelajaran .
Itulah pengembangan diri saya yang
sederhana, konkret dan rutin yang akan saya lakukan sendiri dari sekarang,
untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak
Komentar
Posting Komentar