Koneksi antar materi modul 1.2 cgp

 

Koneksi antar materi modul 1.2

1. PERISTIWA

Momen yang penting dan mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah tentang Filosofi Ki Hajar Dewantara tentang Trilogi Pendidikan yaitu Ing ngarso Sung Tulodho , Ing Madyo mangun karso dan Tut wuri Handayani . dan saya tertarik juga dengan definisi Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, yakni : Pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Setiap anak mempunyai kodrat alam dan kodrat zaman. Selain yang lain yang tidak kalah pentingnya pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan ini. Filosofi ini sangat terkait dengan kegiatan saya sebagai guru kelas 3 SD, yang harus bisa memandang setiap anak mempunyai kodrat alam yang berbeda sehingga menimbulkan perilaku, sifat, sikap dan motivasi yang berbeda berdasarkan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat di mana murid berada. Sehingga saya harus bisa memilah informasi yang masuk terkait dengan kondisi murid dan membedakan perlakuan yang harus diberikan, sehingga murid tersebut bisa lebih baik. Tuntunan sebaik apapun, jika tidak didukung oleh kodrat alam yang baik, maka murid akan sulit untuk mengubah perilakunya, atau hanya sedikit mengalami perubahan. Selain itu terkait dengan kodrat alam, murid pasti mempunyai potensi yang pantas ditampilkan/dikeluarkan. Oleh karena itu saya harus menciptakan ide atau gagasan untuk menyenangkan anak selama pembelajaran dan harus bisa menumbuhkan karakter yang baik untuk anak-anak didik saya. 

Kemudian ketika mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan guru penggerak, di sini saya menemukan tambahan wawasan lagi. Masih di ranah sebagai guru kelas 3 SD, bahwa nilai dan peran guru penggerak salah satunya adalah berpihak pada anak. Sehingga ketika saya melakukan pembelajaran maka saya berusaha untuk menampilkan perubahan dengan media pembelajaran yang menarik yang berupa video pembelajaran dan pembelajaran bisa dilakukan didalam maupun diluar kelas yang membuat anak nyaman. Disini anak harus diskusi menemukan informasi kemudian mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan pendapat mereka masing-masing.

Keterkaitan antara modul 1.1 dan 1.2, yang saya fahami adalah harus berfokus pada murid dan berusaha menggali potensi-potensi murid yang masih terpendam seperti teori gunung es. Dalam bergerak sebagai guru penggerak maka harus memahami filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, seperti tujuan pendidikan (memerdekakan manusia, menjadikan manusia selamat dan Bahagia), filosofi Trikon (Kontinu, konvergensi, konsentris) , Filosofi Triloka (Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri handayani), tahap tumbuh kembang anak wiraga dan wirama.

2. PERASAAN.

Ketika mempelajari modul ini saya mendapatkan suatu pengetahuan yang baru dan  luar biasa. Kalau selama ini pemahaman saya tentang filosofi Pendidikan KHD hanya sedikit saja tetapi sekarang saya bisa lebih memahami dan bisa menerapkannya. Saat momen itu terjadi saya merasa senang bagaikan seorang guru yang sangat bangga dengan perubahan yang ada. Dan ketika mempelajari 2 modul ini saya mendapatkan informasi yang sangat penting sekali dalam hubungan saya dengan murid-murid dan saya dapat menerapkan nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak.

3. PEMBELAJARAN

Sebelumnya saya hanya mempunyai pikiran, bahwa murid-murid seperti gelas kosong yang harus diisi penuh yang berasal dari saya sebagai pendidik, serta perlakuan terhadap semua murid hampir sama walaupun ada perbedaan perlakuan tetapi itu tidak mendasar selain itu emosi saya juga naik turun dalam menghadapi murid. Tetapi setelah mempelajari filosofi Pendidikan KHD dan Nilai serta peran guru Penggerak, saya lebih memahami bahwa murid-murid sudah terisi wadahnya bahkan mungkin sudah hampir penuh. Tugas saya sebagai pendidik sekarang menuntun dan membimbing sehingga yang sudah ada semakin bagus dan bertambah penuh (mempertebal garis yang sebenarnya sudah ada). Serta bertugas menggali potensi yang masih terpendam yang sesuai karakter murid untuk segera dimunculkan dan dikembangkan.

4. RENCANA KE DEPAN

Pengembangan diri saya yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak adalah sebagai berikut :

a.       Dalam rangka mengembangkan diri, maka saya akan mengikuti seminar atau diklat yang akan menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi  saya sebagai pendidik dalam hal ini sebagai Guru kelas 3 SD khususnya, dan sebagai Guru pada umumnya secara mandiri.

b. Menerapkan budi pekerti peserta didik dengan menerapkan budaya 5S yaitu senyum,sapa,salam,sopan dan santun.

c. Menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan menyenangkan dengan diskusi, presentasi serta menggunakan media pembelajaran yang menarik.

d. Menerapkan pembelajaran di dalam dan luar ruangan yang membuat murid nyaman.

e. Berkolaborasi dengan guru sejawat dalam rangka merencanakan pembelajaran yang menyenangkan serta dalam kegiatan sekolah lainnya.

f. Berkolaborasi dengan guru kelas lain dalam kegiatan apapun demi kemajuan sekolah.

g. Berkolaborasi dengan warga sekolah yang lain demi kemajuan pendidikan di sekolah.

h. Berkreasi dan berinovasi dalam membuat media pembelajaran .

Itulah pengembangan diri saya yang sederhana, konkret dan rutin yang akan saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PAS (PENILAIAN AKHIR SEMESTER) 1 KELAS 3 TEMA 1