RPP K13 REVISI 2018 KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 - 6

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan          :    SD NEGERI BULUSTALAN

Kelas / Semester               :    III A / 1

Tema 1                              :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :    Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                   :    1

Alokasi Waktu                 :    1 Hari

Hari / Tgl Pelaksanaan    :    Senin / 18 Juli 2022

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

 

3.4.1 Menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup.

 

2

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.

 

 

Matematika

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

 

3.1.1  Membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.

3.1.2 Membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.

 

2

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1.1 Membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan).

 

SBdP

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

 

3.2.1 Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana.

 

2

4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.

4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana.

4.2.2 Membuat pola irama sederhana.

 

 

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.

2.      Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.

3.      Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.

4.      Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.

5.      Setelah mengamati gambar pada buku dan lcd proyektor, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

6.      Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

7.      Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.

8.      Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.

9.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.

 

 

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

D.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru menyapa siswa

¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius

¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis

¡   Guru menanyakan kabar siswa dan mengecek kehadiran

¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.

¡   Guru memotivasi siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan baik

¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

¡   Guru melakukan apersepsi dengan bermain tebak hewan untuk mengawali pembahasan tentang ciri - ciri makhluk hidup.

10 menit

Inti

§  Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.

§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu.

§  Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.

§  Guru menjelaskan tentang Panjang pendeknya irama pada lagu cicak – cicak di dinding beserta simbolnya

§  Guru mengajak siswa bernyanyi Bersama sesuai dengan Panjang pendeknya pola irama

§  Siswa berlatih menyanyi secara bergantian.

§  Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda.

§  Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek..

§  Siswa diminta menyanyikan pola yang sudah dibuat dan juga menyanyikan dengan pola yang sama. Creativity and Innovation

§  Guru bertanya tentang perasaan siswa saat menyanyikan semua bunyi pada lagu sama.

§  Siswa mengamati gambar pada buku dan lcd proyektor

§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup.

§  Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Mandiri

§  Guru menjelaskan tentang ciri – ciri makhluk hidup.

§  Siswa diminta untuk membandingkan gambar cicak dan ikan mas.

§  Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Communication

§  Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.

§  Siswa mengerjakan soal evaluasi

150 menit

Penutup

¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.

a.       Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?

b.      Bagaimana perasaan setelah mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?

c.       Apa kegiatan yang paling disukai?

d.      Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?

e.       Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?

¡   Guru memberikan penilaian.

¡   Guru dan siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini.

¡   Guru memberikan umpan balik kepada siswa.

¡   Guru memberikan tugas yang sesuai dengan materi hari ini.

¡   Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan selanjutnya.

¡   Menyanyikan lagu daerah “Menthog

¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh dipimpin oleh siswa yang diberi tugas. Religius

15    enit

 

E.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Kartu nama dan bilangan 1.000 sampai 10.000.

¡  LCD Proyektor

¡  Teks lagu Cicak atau jika memungkinkan alat audio agar siswa dapat mendengarkan langsung.

F.      MATERI PEMBELAJARAN

§  Menyanyi lagu yang memiliki pola irama sederhana.

§  Membaca pola irama sederhana pada lagu.

§  Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.

§  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

§  Menulis ciri-ciri makhluk hidup.

§  Menulis nama dan lambang bilangan.

§  Mengurutkan bilangan.

G.        METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan        : Saintifik

¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

H.        PENILAIAN

        1. Penilaian Sikap

               Sikap yang dinilai santun, peduli, dan tanggung jawab.

        2. Penilaian Pengetahuan

               Penilaian pengetahuan berupa tes tertulis bebentuk isian singkat.

        3. Penilaian Keterampilan

              a. Menyanyikan lagu Cicak – cicak di Dinding dengan pola irama yang   bervariasi

              b. Menuliskan ciri – ciri makhluk hidup berdasarkan gambar

              c. mengurutkan bilangan

Catatan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 
 

 

 

 

 


Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

DIAN MARTA WIJAYANTI, M.Pd.

NIP. 19920101 201402 2 001

Semarang, 18 Juli 2022

Guru Kelas III A

 

 

AGUNG NUGROHO, S.Pd.

NIPPPK. 198001022022211013

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan          :    SD NEGERI BULUSTALAN

Kelas / Semester               :    III A / 1

Tema 1                              :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :    Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                   :    2

Alokasi Waktu                 :    1 Hari

Hari / Tgl Pelaksanaan    :    Selasa / 19 Juli 2022

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

3.4.1 Menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

2

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

4.4.1 Menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat efektif.

 

 

PPKn

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

 

1.1.1 Memahami makna simbol sila-sila Pancasila.

 

2

2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

2.1.1 Melaksanakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila.

 

3

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

 

3.1.1 Menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila.

3.1.2 Menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila.

 

4

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1.1 Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

4.1.2 Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

 

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN

1.      Setelah mengamati gambar dan teks yang dibaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

2.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat efektif.

3.      Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila dengan benar.

4.      Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila dengan benar.

5.      Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.

6.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius

¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Padamu Negeri”. Nasionalis

¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

¡   Guru memotivasi siswa untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik.

¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.

¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

¡   Guru melakukan apersepsi dengan bermain tebak gerak hewan.

10 menit

Inti

§  Siswa mengamati gambar pada buku teks

§  Siswa diminta membaca teks tentang ciri – ciri makhluk hidup.

§  Guru dan siswa bertanya jawab tentang ciri – ciri makhluk hidup.

§  Guru meminta siswa untuk mendiskusikan  dengan teman yang duduk bersebelahan tentang gerak, cara bernapas, tumbuh, makanan, dan kepekaan terhadap rangsang pada tumbuhan. Communication

§  Guru melakukan kegiatan percobaan untuk membuktikan tumbuhan bernapas. Creativity and Innovation

§  Siswa berlatih menulis kalimat berdasarkan kata-kata yang ada pada buku. Mandiri

§  Guru meminta salah satu siswa membaca teks tentang Bersyukur kepada Tuhan.

§  Guru dan siswa bertanya jawab tentang cara-cara bersyukur atas rahmat Tuhan terutama berkaitan dengan karunia keragaman makhluk hidup dan alat geraknya. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa diminta menceritakan salah satu sikap bersyukur yang pernah dilakukannya.

§  Siswa diminta menuliskan salah satu sikap bersyukur yang pernah dilakukan. Mandiri

§  Siswa mengerjakan soal evaluasi tertulis.

150 menit

Penutup

¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.

a.       Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?

b.       Apa kegiatan yang paling disukai?

c.        Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?

d.       Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?

¡   Guru memberikan penilaian.

¡   Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan pembelajaran hari ini.

¡   Guru memberikan tugas sesuai materi hari ini.

¡   Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran selnjutnya.

¡   Menyanyikan lagu daerah “Anak Kambing Saya”

¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Buku teks siswa dan guru.

 

F.      MATERI

§  Membaca dan mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

§  Membuat kalimat berdasarkan kosa kata yang diberikan.

§  Mempraktikkan berbagai macam cara berjalan dan berlari.

§  Mempraktikkan gerak kombinasi jalan dan lari.

§  Berdiskusi tentang cara memenangkan sebuah perlombaan dan sikap yang harus dilakukan.

§  Bercerita tentang pengalaman mempraktikkan sikap bersyukur.

 

G.     METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan        : Saintifik

¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

H.     PENILAIAN

1.     Penilaian Sikap

               Sikap yang dinilai adalah santun, peduli, dan bertanggung jawab.

1.                                                                                                Penilaian Pengetahuan

    Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.

2.                                                                                                Penilaian Keterampilan

    a. Rubrik Menulis Kalimat.

    b. Rubrik Menceritakan Pengalaman Bersyukur

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

DIAN MARTA WIJAYANTI, M.Pd.

NIP. 19920101 201402 2 001

Semarang, 19 Juli 2022

Guru Kelas III A

 

 

AGUNG NUGROHO, S.Pd.

NIPPPK. 198001022022211013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan          :    SD NEGERI BULUSTALAN

Kelas / Semester               :    III A / 1

Tema 1                              :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :    Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                   :    1

Alokasi Waktu                 :    1 Hari

Hari / Tgl Pelaksanaan    :    Rabu / 20 Juli 2022

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

3.4.1   Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

2

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

4.4.1 Menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

 

Matematika

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

 

3.1.1 Menentukan nilai tempat sampai ribuan.

 

2

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1.1 Menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan.

4.1.2 Mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000.

 

 

 

SBdP

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

 

3.2.1 Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam.

 

2

4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.

4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam”

 

 

C.     TUJUAN PEMBALAJARAN

1.      Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

2.      Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

3.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.

4.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.

5.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.

6.      Setelah mendengarkan penjelasan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan benar.

7.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri.

 

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius

¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Bangun Pemudi Pemuda”. Nasionalis

¡   Guru menanyakan kabar siswa dan mengecek kehadiran.

¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.

¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

¡   Guru memotivasi siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

¡   Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran hari ini

¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang ciri-ciri makhluk hidup yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

10 menit

Inti

§  Siswa mengamati gambar yang ada pada buku.

§  Siswa mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.

§  Siswa menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia pada buku. Mandiri

§  Siswa mengamati gambar pada buku

§  Siswa berlatih menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan menuliskan. Critical Thinking and Problem Solving

§  Masing-masing siswa menyampaikan hasil temuannya. Mandiri

§  Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Anak Ayam.

§  Siswa berlatih menyanyi lagu Anak Ayam.

§  Siswa secara bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam secara berkelompok. Communication

§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam.

§  Siswa juga mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa berlatih membuat pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.

§  Siswa diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang bilangannya.

§  Siswa mengamati contoh suatu data hasil dari sebuh peternakan.

§  Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan. Critical Thinking and Problem Solving

§  Guru menjelaskan tentang nilai dan nilai tempat.

§  Siswa mengerjakan latihan soal evaluasi

150 menit

Penutup

¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.

a.       Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?

b.      Bagaimana perasaan setelah mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?

c.       Apa kegiatan yang paling disukai?

d.      Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?

e.       Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?

¡   Guru memberikan penilaian.

¡   Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini.

¡   Guru memberikan tugas sesuai materi hari ini.

¡   Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran selanjutnya.

¡   Menyanyikan lagu daerah “lir ilir

¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius

15 menit

 

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Gambar peternakan dan data hasil pada sebuah peternakan.

¡  Teks lagu Anak Ayam.

¡  Buku teks siswa dan guru.

 

F.      MATERI

§  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.

§  Menemukan hubungan antar kedua gambar.

§  Menceritakan hasil perbandingan.

§  Menyanyikan lagu Anak Ayam.

§  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada lagu Anak Ayam.

§  Mengidentifikasi pola irama sederhana pada lagu.

§  Berlatih membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.

§  Berlatih mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.

§  Berlatih menentukan nilai tempat bilangan.

 

G.     METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan        : Saintifik

¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

H.     PENILAIAN

          1. Penilaian Sikap

               - Sikap yang dinilai adalah santun, peduli, dan tanggung jawab

          2. Penilaian Pengetahuan

               - Penilaian dilaksanakan dengan tes tertulis.

          3. Penilaian Keterampilan

a.               Keterampilan mengelompokkan bilangan dapat diamati saat siswa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pengelompokkan bilangan.

b.      Menulis Cerita Berdasarkan Gambar Berseri

c.       Menyanyikan lagu

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

DIAN MARTA WIJAYANTI, M.Pd.

NIP. 19920101 201402 2 001

Semarang, 20 Juli 2022

Guru Kelas III A

 

 

AGUNG NUGROHO, S.Pd.

NIPPPK. 198001022022211013

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan          :    SD NEGERI BULUSTALAN

Kelas / Semester               :    III A / 1

Tema 1                              :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :    Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                   :    4

Alokasi Waktu                 :    1 Hari

Hari / Tgl Pelaksanaan    :    Kamis / 21 Juli 2022

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

3.4.1 Menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

2

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

4.4.1 Menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

 

PPKn

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

 

1.1.1 Memahami arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

 

2

2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

 

2.1.1 Melakukan sikap syukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

 

3

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

 

3.1.1  Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

 

4

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1.1  Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME.

 

 

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN

1.      Setelah membaca teks, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

2.      Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

3.      Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.

4.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

 

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

§  Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

§  Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius

§  Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Berkibarlah Benderaku”. Nasionalis

§  Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.

§  Guru memotivasi siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

§  Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

§  Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

§  Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

10 menit

Inti

§  Guru meminta siswa untuk memperhatikan beberapa pertumbuhan makhluk hidup melalui layar lcd.

§  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang ciri makhluk hidup lainnya yaitu tumbuh. Communication

§  Guru menjelaskan tentang hal – hal yang mempengaruhi pertumbuhan

§  Guru meminta siswa untuk berdiskusi tentang cara bersyukur terhadap keanekaragaman budaya.

§  Siswa menceritakan hasil diskusi di depan teman-teman. Jika secara berkelompok. Collaboration

150 menit

Penutup

¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.

a.       Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?

b.      Apa kegiatan yang paling disukai?

c.       Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?

d.      Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?

¡   Guru memberikan penilaian.

¡   Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini.

¡   Guru memberikan tugas sesuai materi hari ini.

¡   Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran berikutnya.

¡   Menyanyikan lagu daerah “Burung Tantina”

¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Gambar tahapan pertumbuhan makhluk hidup yang ditayangkan lewat LCD.

¡  Buku teks siswa dan guru.

 

F.      MATERI

§   Berdiskusi pentingnya menjaga kesehatan.

§   Mengidentifikasi cara bersyukur.

§   Menulis dan menceritakan pengalaman sikap bersyukur.

 

G.     METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan        : Saintifik

¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

H.   PENILAIAN

            1. Penilaian Sikap

                        Sikap yang dinilai adalah santun, peduli, dan tanggung jawab.

3.    Penilaian Pengetahuan

Penilaian dilakukan dengan latihan tetulis

4.    Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan dengan bercerita.

Catatan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 
 

 

 

 

 


Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

DIAN MARTA WIJAYANTI, M.Pd.

NIP. 19920101 201402 2 001

Semarang, 21 Juli 2022

Guru Kelas III A

 

 

AGUNG NUGROHO, S.Pd.

NIPPPK. 198001022022211013

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan          :    SD NEGERI BULUSTALAN

Kelas / Semester               :    III A / 1

Tema 1                              :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :    Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                   :    5

Alokasi Waktu                 :    1 Hari

Hari / Tgl Pelaksanaan    :    Jumat / 22 Juli 2022

 

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

3.4.1 Menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

2

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

4.4.1 Menuliskan informasi tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

 

PPKn

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

1.1. Menerima arti bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas pada lambang negara “Garuda Pancasila” sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

 

1.1.1 Memamahi arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

 

2

2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih sayang sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

 

2.1.1 Melaksanakan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

 

3

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

 

3.3.1 Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

 

4

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.3.1 Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME.

 

 

Matematika

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

 

3.1.1 Menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan.

 

2

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1.1 Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan.

 

 

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah mengamati, siswa dapat menulis cerita berdasarkan gambar seri dengan tepat.

2.      Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan salah satu hal yang mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup dengan tepat.

3.      Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan sikap bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu cara untuk menjaga kebersihan makanan dengan benar.

4.      Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

5.      Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.

6.      Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius

¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Gugur Bunga”. Nasionalis

¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.

¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

¡   Guru memberikan motivasi siswa untuk dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.

¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

10 menit

Inti

§  Siswa mengamati gambar berseri yang ditayangkan LCD.

§  Siswa menuliskan cerita berdasarkan gambar tersebut.

§  Setelah menulis, siswa menceritakan hasil tulisannya di depan teman-teman. Communication

§  Siswa berdiskusi tentang salah satu siswa yang ada pada gambar berseri.

§  Siswa berdiskusi mengenai hal-hal yang mengakibatkan siswa tersebut sakit. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa menuliskan kebiasaan baik yang biasa dilakukan sebelum makan.

§  Guru memberikan informasi tentang contoh makanan sehat. Communication

§  Siswa diminta mengamati tabel berisi data banyaknya susu kemasan yang dihasilkan oleh setiap perusahaan. Mandiri

§  Siswa berlatih menyelsaikan persoalan yang diberikan. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa mengerjakan soal evaluasi

150 menit

Penutup

¡   Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.

a.       Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?

b.      Apa kegiatan yang paling disukai?

c.       Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?

d.      Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?

¡   Guru memberikan penilaian.

¡   Guru dan siswa Bersama – sama menyimpulkan pembelajran hari ini.

¡   Guru memberikan tugas sesuai materi hari ini.

¡   Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran berikutnya.

¡   Menyanyikan lagu daerah “Gambang Suling

¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Gambar berseri yang ditayangkan lewat LCD.

¡  Buku teks siswa dan guru.

F.      MATERI

§  Mengidentifikasi kegiatan pada setiap gambar berseri.

§  Membuat cerita berdasarkan gambar berseri.

§  Mengidentifkasi kebiasaan baik yang harus dilakukan sebelum dan sesudah makan.

§  Menceritakan kebiasaan baik yang harus dilakukan sebelum dan sesudah makan.

§  Berlatih menyelesaikan soal penjumlahan dengan cara susun ke bawah.

§  Berlatih menyelesaikan soal cerita penjumlahan.

 

G.     METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan        : Saintifik

¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

H. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap

         Sikap yang dinilai adalah santun, peduli, dan tanggung jawab.

2. Penilaian Pengetahuan

         Penilaian pengetahuan dengan menggunakan tes tertulis.

3. Penilaian Keterampilan

         Penilaian keterampilan meliputi menulis cerita berdasar gambar berseri.

Catatan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 
          

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

DIAN MARTA WIJAYANTI, M.Pd.

NIP. 19920101 201402 2 001

Semarang, 22 Juli 2022

Guru Kelas III A

 

 

AGUNG NUGROHO, S.Pd.

NIPPPK. 198001022022211013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan          :    SD NEGERI BULUSTALAN

Kelas / Semester               :    III A / 1

Tema 1                              :    Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Sub Tema 1                      :    Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Pembelajaran                   :    6

Alokasi Waktu                 :    1 Hari

Hari / Tgl Pelaksanaan    :    Senin / 25 Juli 2022

                                                              

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

3.4.1 Mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

2

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

4.4.1 Menuliskan informasi tentang tentang ciri-ciri makhluk hidup.

 

Matematika

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

 

3.1.1 Menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan.

 

2

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1.1 Menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan.

 

 

SBdP

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam lagu.

 

3.2.1  Menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama.

 

2

4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui lagu.

4.2.1  Menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME.

 

 

 

C.     TUJUAN PEMEBALAJARAN

1.      Setelah mengamati, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dengan benar.

2.      Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan tanpa menyimpan dengan benar.

3.      Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

4.      Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan informasi tentang tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

5.      Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.

6.      Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.

 

 

v   Karakter siswa yang diharapkan   :

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

¡   Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

¡   Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius

¡   Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Indonesia Pusaka”. Nasionalis

¡   Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.

¡   Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

¡   Guru memotivasi siswa untuk dapat mengikuti pembelajaran hari ini dengan baik.

¡   Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

¡   Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

10 menit

Inti

§  Siswa mengingat kembali ciri-ciri makhluk hidup.

§  Siswa mengamati hewan yang ada di lingkungan sekolah.

§  Siswa secara berkelompok juga mengidentifikasi setiap hewan yang ditemui berdasarkan ciri - cirinya. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa menuliskan hasil identifikasi pada Lembar Kerja Siswa.

§  Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi cara bersyukur berdasarkan gambar.

§  Siswa mengingat kembali teknik penjumlahan susun ke bawah yang sudah dipelajari sebelumnya.

§  Siswa menjawab pertanyaan tentang soal penjumlahan yang diberikan guru. Mandiri

§  Siswa menyelesaikan soal yang ada pada gambar ikan. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa berlatih membuat soal cerita penjumlahan, lalu meminta teman lain menjawab pertanyaan yang dibuatnya. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian. Collaboration

§  Siswa mengerjakan evaluasi tertulis.

150 menit

Penutup

¡   Guru dan siswa melakukan refleksi dengan cara mengisi halaman Aku Sudah Bisa yang ada di buku siswa.

¡   Pernyataan dibacakan satu-satu, lalu siswa memberi tanda centang (ü)jika merasa sudah memahami materi tersebut.

¡   Guru memberikan penilaian.

¡   Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini .

¡   Guru memberikan tugas terkait materi hari ini.

¡   Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran berikutnya

¡   Jika ada materi yang belum dipahami, secara bersama-sama diskusikan strategi pencapaiannya, misalnya melalui kegiatan remedial.

¡   Menyanyikan lagu daerah “Yamko Rambe Yamko”

¡   Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin siswa yang diberi tugas. Religius

 

15 menit

 

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

¡  Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

 

F.      MATERI

¡  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

¡  Menuliskan ciri-ciri hewan yang ada di sekolah dan sikap yang harus dilakukan.

¡  Mengidentifikasi cara bersyukur.

¡  Menuliskan sikap bersyukur yang pernah dilakukan.

¡  Menyelesaikan soal penjumlahan.

¡  Berlatih membuat soal cerita.

G.     METODE PEMBELAJARAN

¡  Pendekatan        : Saintifik

¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Catatan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 
 

 

 

 


Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

DIAN MARTA WIJAYANTI, M.Pd.

NIP. 19920101 201402 2 001

Semarang, 25 Juli 2022

Guru Kelas III A

 

 

AGUNG NUGROHO, S.Pd.

NIPPPK. 198001022022211013

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PAS (PENILAIAN AKHIR SEMESTER) 1 KELAS 3 TEMA 1