SOAL PAS (PENILAIAN AKHIR SEMESTER) 1 KELAS 3 TEMA 2
Semangat Belajar ya,, good luck
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH
DASAR NEGERI BULUSTALAN
SATUAN PENDIDIKAN KECAMATAN SEMARANG SELATAN
Alamat:
Jl. Basudewa No. 2 Telp. (024) 3554947 Semarang
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL SEKOLAH DASAR / MI
Tahun Pelajaran 2022 / 2023
PENGETAHUAN
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Mata Pelajaran : PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, dan SBdP
Kelas :
III (Tiga)
Hari / Tanggal : Rabu, 30 November 2022
Waktu :
90 menit
A.
Kompetensi Dasar PPKn 3.1
Memahami arti gambar pada lambing Negara “Garuda
Pancasila”. 3.3
Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu
di lingkungan sekitar.
I.
Berilah
tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D di depan jawaban yang benar!
1. Sikap baik terhadap teman dapat kita lakukan dengan ….
A. mendoakan kebaikan
B. menggunjing di belakangnya
C. memusuhi
D. memilih – milih teman
2. Sikap kita terhadap teman yang berbeda sifat hendaknya ….
A. mengejek
B. acuh tak acuh
C. menghargai
D. menjauhi
3. Meminta maaf hendaknya dilakukan dengan perasaan ….
A. ikhlas
B. marah
C. malu
D. sedih
4. Mendoakan orang lain termasuk pengamalan Pancasila ke ….
A.
4
B.
3
C.
2
D.
1
5. Dalam keluarga anak berkedudukan sebagai ….
A. kepala keluarga
B. kepala rumah tangga
C. anggota keluarga
D. pengatur ruangan
6. Mentaati aturan – aturan yang berlaku di sekolah merupakan tugas ….
A. kepala sekolah
B. guru
C. siswa
D. semua warga sekolah
7. Ketika melakukan tugas dan tanggung jawab maka tidak boleh ….
A. mengeluh
B. menangis
C. marah-marah
D. tergesa-gesa
II.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
8.
Yang bertugas merawat
putra-putrinya adalah ….
9.
Tugas Pak Ali memeriksa
pasien-pasiennya, maka Pak Ali berprofesi sebagai ….
III.
Jawblah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
10. Sebutkan peran / tugas masing – masing anggota keluarga inti!
B.
Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia 3.5
Menggali informasi tentang cara-cara perawatan
tumbuhan dan hewan melalui wawancara dan/atau eksplorasi lingkungan. 3.8
Menguraikan pesan dalam dongeng yang disajikan
secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan untuk kesenanagan.
I.
Berilah
tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D di depan jawaban yang benar!
1. Wawancara adalah cara untuk mendapatkan informasi dari ….
A. mana saja
B. narasumber
C. pewawancara
D.
narator
2. Kegiatan tanya jawab antara pewawancara dan narasumber disebut ….
A. wawancara
B. rapat
C. diskusi
D. narasumber
3. Tema adalah ….
A. gaya pengarang dalam menceritakan ceritanya
B. ide atau gagasan pokok yang menjadi dasar sebuah cerita
C. rangkaian cerita dalam cerpen
D. tempat terjadinya cerita dalam cerpen
4. Narasumber yang tepat untuk menggali informasi tentang pendidikan adalah ….
A. dokter
B. polisi
C. guru
D. pilot
5. Tujuan dongeng ditulis yaitu ….
A. membuat pembaca bahagia
B. memberi pesan moral kepada pembacanya
C. membuat pembaca untuk meniru watak yang jahat
D. menakut-nakuti pembaca
6. Nilai kebaikan yang terdapat dalam sebuah dongeng disebut ….
A. pesan moral
B. tokoh
C. setting
D. watak
7. Saat memerankan cerita dongeng sesuai dengan karakternya penuh perasaan
disebut ….
A. ekspresi
B. intonasi
C. lafal
D. tempo
II.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
8.
Tumbuhan telah
memberikan banyak manfaat bagi semua makhluk hidup. Sikap berterima kasih kita
terhadap tumbuhan ditunjukkan dengan ….
9.
Orang yang menjawab
pertanyaan dalam wawancara disebut ….
III.
Jawblah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
10. Sebutkan 3 profesi dan pekerjaannya!
C.
Kompetensi Dasar Matematika 3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah. 3.2
Menjelaskan bilangan cacah dan pecahan sederhana
(seperti ½, 1/3, dan 1/4) yang disajikan dalam garis bilangan.
I.
Berilah
tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D di depan jawaban yang benar!
1. 45 + 37 = 37 + 45
Hasil penjumlahan dari sifat
pertukaran di atas yaitu ….
A. 82
B. 83
C. 84
D. 85
2. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar di atas, kalimat
matematikanya adalah ….
A. 2 x 2
B. 2 x 4
C. 4 x 2
D. 4 x 4
3. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar di atas bentuk penjumlahannya
yaitu ….
A. 20 + 15 = 35
B. 30 + 15 = 45
C. 15 + 35 = 50
D. 35 + 20 = 55
4. Sifat komunikatif disebut juga dengan sifat ….
A. Pengelompokkan
B. Penjumlahan
C. Pengurangan
D. Pertukaran
5. Ayah mempunyai 9 sangkar burung. Setiap sangkar di isi 5 burung. Maka
jumlah semua burung adalah ….
A. 5
B. 9
C. 45
D. 64
6. Perhatikan garis bilangan di bawah ini!
Kalimat matematika yang sesuai dengan penjumlahan di atas yaitu ….
A. 3 + 8
B. 3 + 6
C. 3 + 5
D. 3 + 4
7. Pecahan 1/3, gambar yang sesuai adalah ….
A.
B.
C.
D.
II.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
8. Tuliskan posisi tempat dengan benar!
25 + 67 = … + ….
9.
Pecahan yang sesuai dengan
gambar di atas yaitu ….
III.
Jawblah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
10. Perhatikan garis bilangan di bawah ini!
Jelaskan penjumlahan dari garis bilangan di atas!
D.
Kompetensi Dasar SBdP 3.2
Mengetahui bentuk dan variasi pada irama dalam lagu. 3.3
Mengetahui dinamika gerak tari. 3.4
Mengetahui teknik potong, lipat, dan sambung.
I.
Berilah
tanda silang (X) pada huruf A, B, C, dan D di depan jawaban yang benar!
1. Garis horizontal memberikan kesan ….
A. kuat
B. sedih
C. malas
D. lemah
2. Keindahan gambar dekoratif terletak pada komposisi warna, garis dan bentuk
….
A. motifnya
B. asalnya
C. bendanya
D. gambarnya
3. Lagu dengan irama cepat dinyanyikan secara ….:
A. sedih
B. semangat
C. mendayu
D. lemah
4. Tujuan membuat gambar dekoratif adalah membuat benda tampak ,,,,
A. mahal
B. jelek
C. indah
D. asing
5. Alat yang tidak diperlukan untuk membuat kolase adalah ….
A. pensil
B. kertas
C. sekop
D. lem
6. Untuk merekatkan kertas pada gambar diperlukakan ….
A. gunting
B. kertas
C. pensil
D. lem
7. Perhatikan gambar di bawah ini!
Gerakan
yang ditirukan anak – anak di atas adalah ….
A. terbang
B. berlari
C. ayam mengepakkan sayap
D. burung siap terbang
II.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
8. Lagu yang berjudul “Cemara” diciptakan oleh ….
9. Bahan alam yang digunakan untuk membuat kolase adalah ….
III.
Jawblah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
10. Sebutkan alat dan bahan untuk membuat boneka anak ayam dari kartus bekas!
Komentar
Posting Komentar